Cara Menjahit Pakaian

Cara Menjahit Pakaian, Cara Menjahit Baju, Tutorial Menjahit Pakaian, Belajar Menjahit

Cara Menjahit Pakaian, Cara Menjahit Baju, Tutorial Menjahit Pakaian, Belajar Menjahit

 

CARA MENJAHIT PAKAIAN

Kerja, kerja, ayo kita kerja,
Gunting kain, jadikan pakaian…”

Sepenggal lirik lagu dari film Cinderella-nya Ira Maya Sopha tahun 80an itu menjadi ide tulisan saya. Dari kain menjadi gaun atau jenis pakaian lainnya, bagaimana proses Cara Menjahit Baju?

Mau Belajar Jahit pakaian dan desain pakaian?

Kita tahu pakaian terbuat dari kain, tapi bagaimana prosesnya hingga kain itu ‘berubah bentuk’ menjadi gaun, blus, rok, kemeja, atau jenis pakaian lainnya? Selama ini kita hanya tahu beres saja, beli di toko atau berikan ke penjahit.

Nah untuk Belajar Cara Menjahit Pakaian ada beberapa tahapan agar si kain menjadi pakaian, secara umum ada beberapa tahapan :

1. Desain/rancangan
Pakaian yang kita ingin wujudkan dari kain tadi, harus jelas dulu desain atau rancangannya. Kita dapat merancangnya sendiri atau mengambil rancangan yang sudah ada, misalnya dari majalah dan bisa juga ikut Kursus Cara Menjahit Pakaian. Silahkan lihat Belajar Cara Menjahit Pakaian dan Kursus Cara Menjahit Pakaian.

2. Pola
Setiap potongan pakaian ada polanya yang tertentu. Untuk membuat pola sendiri dibutuhkan pengetahuan khususpattern making. Bagi yang tidak dapat membuat pola sendiri, beberapa majalah wanita menyediakan lampiran pola untuk beberapa halaman modenya. Di luar negeri bahkan banyak majalah khusus cara membuat pakaian, jadi semua pakaian yang ada di dalamnya dilampirkan polanya.

3. Potong
Kain tadi dipotong sesuai pola. Memotong kain pun tidak sembarangan. Pola diusahakan diatur sedemikian rupa sehingga kain terpakai secara optimal, dan tidak banyak yang terbuang. Hal ini akan sangat terasa jika cara membuat pakaian dalam jumlah banyak.

4. Jahit
Kain yang telah dipotong sesuai pola tadi kemudian disambung – sambungkan sehingga membentuk pakaian yang diinginkan. Dalam proses ini diterapkan berbagai teknik menjahit, misalnya bagaimana memasang saku, menyambungkan lengan agar rapi, dan lain-lain (Kursus Cara Menjahit Pakaian).

5. Finishing
Mungkin ada pakaian-pakaian yang masih perlu diolah lagi setelah dijahit. Misalnya dipasang kancingnya, atau ditambahkan sulaman atau dekorasi lainnya. Di sini semuanya diselesaikan (Belajar Menjahit Pakaian).

Begitulah perjalanan si kain menjadi si gaun…

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

%d bloggers like this: