Seragam Kerja Pertambangan Batubara

seragam kerja pertambangan batubara

Setiap perusahaan tentu mempunyai kebutuhan seragam karyawan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar apalagi sekelas perusahaan – perusahaan pertambangan.

Desain seragam pertambangan atau perusahaan pertambangan biasanya lebih rumit dibandingkan dengan perusahaan biasa yang ada diperkotaan karena biasanya seragam tersebut dipakai oleh karyawan lapangan. Jadi secara fungsinya memang disesuaikan dengan penggunaan di kondisi tambang.

Secara garis besar desain baju tambang pada intinya tidak berbeda dengan desain baju kerja lapangan lainnya. Kebanyakan menggunakan model kemeja lengan panjang.

Kemeja seragam tambang dibuat dengan bahan drill, ribstock dan bahan tebal yang lainnya yang tentunya dapat menyerap keringat  dengan baik. Desainnya juga dibuat senyaman mungkin agar para pekerja leluasa bergerak saat melakukan pekerjaan lapangan.

Secara fungsionalnya seragam kerja pertambangan harus :

  1. Mampu melindungi tubuh secara fungsi yaitu dari angin dan terik matahari
  2. Bisa dipakai secara nyaman untuk kegiatan sehari-hari.
  3. Ada Scotlight bahan semacam stiker yang ketika kena sinar menyala fungi agar bisa terlihat ketika malam hari.
  4. Tactical banyak kantong yang berfungsi untuk membawa banyak barang barang kecil.
  5. Warna bahan terang metallic dan sejenisnya supaya sangat mudah terlihat ketika malam ataupun dalam keadaan gelap saat di dalam lorong.

Desain baju tambang

Contoh jenis desain baju pertambangan yang cukup banyak digunakan oleh beberapa perusahaan adalah kemeja lengan panjang dengan belahan dada. Bahan yang digunakan pada area bahu akan berbeda dengan jenis bahan yang digunakan pada bagian badan. Umumnya terdapat dua saku tempel pada bagian depan sebelah kanan dan sebelah kiri. Pada bagian punggung, dada dan pergelangan tangan akan terdapat scothlite dengan ukuran 1 inch. Bordir logo perusahaan akan dipasang pada bagian atas saku baik kanan maupun kiri. Tentunya model logo yang dipasang tidak sama. Pada bagian atas saku kiri bisa dipasang bordir nama perusahaan dalam bentuk teks. Sedangkan pada sisi kanannya terpasang logo perusahaan dalam bentuk gambar. Pada bagian lengan dipasang dengan bordir logo safety. Anda juga bisa menambahkan bordir teks website perusahaan pada bagian bawah kerah. Sentuhan terakhir adalah dengan memberikan belahan kecil pada bagian samping kemeja.

Anda juga bisa menggunakan desain baju tambang alternatif yaitu kemeja dan celana berbahan denim.  Desain alternatif ini juga banyak dipilih oleh beberapa perusahaan. Bahan denim dipilih tentunya karena kekuatan dan keawetannya. Desain alternatif yang dapat digunakan adalah kemeja denim dengan dua saku tempel pada bagian kanan dan kiri serta tambahan skoder dan lipit tengah pada bagian pundak.

Pemilihan bahan

 Bahan Yang digunakan sejenis bahan bahan tebaljeans, ribstock, drill kanvas dan lain sebagainya.

Fungsinya supaya kuat dan aman. Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat seragam tambang adalah bahan drill. Seperti misalnya japan drill, american drill dan tropical. Bahan drill dipilih karena tidak mudah robek, nyaman digunakan dan memiliki warna yang stabil. Jika Anda belum terlalu mengenal bahan drill, untuk membedakan macam-macam jenisnya dapat diketahui secara mudah dengan melihat serat kain. Serat kain yang dimiliki american drill akan terlihat lebih kecil dibandingkan dengan serat kain japan drill dan nagata drill. Sedangkan serat kain yang dimiliki bahan drill tropical akan terlihat berbentuk kotak. Pada beberapa kebutuhan khusus biasanya seragam tambang juga menggunakan bahan-bahan yang anti bara, anti api, anti cairan kimia dan anti air.

 

Pemilihan Warna Bahan

 

Berbicara mengenai pemilihan warna,  seragam tambang biasanya menggunakan pemilihan warna-warna yang menyala, warna terang seperti warna stabilo.

Contoh warna yang banyak digunakan dalam pembuatan seragam tambang adalah kuning, merah, orange dan hijau terang. Untuk memenuhi kebutuhan visibility agar pekerja tetap terlihat di lapangan meski dari jarak jauh dapat ditambahkan schotlight/reflector. Demikian adalah referensi contoh desain baju tambang yang dapat Anda gunakan. Jadi kesimpulan untuk pembuatan seragam kerja perusahaan pertambangan Membuat seragam tambang memang lebih rumit dibandingkan dengan seragam kantoran biasa karena seragam kerja untuk pertambangan biasanya harus memiliki dua fungsi yaitu :

 

  1. Kenyamanan pemakai berhubungan dengan bahan yang dipakai
  2. Harus memenuhi fungsi syarat keamanan

 

Sehingga dalam proses pengerjaan pembuatan seragam pertambangan tidak bisa cepat butuh waktu yang lebih lama dibandingkan dengan seragam kantor biasa.

Demikian sedikit info yang bisa kami bagikan seputar seragam kerja….. Terima kasih..

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

%d bloggers like this: